Materi prosedur penjualan
Definisi / Pengertian Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam
menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk
melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Tujuan Promosi
Orang
melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi
berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :
Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu
produk kepada calon konsumen yang potensial
Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk
menjaga loyalitas konsumen tersebut
- Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
- Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
- Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk
Kesimpulannya,
tujuan utama dari promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan
kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan.
Jenis-Jenis Promosi
Ada
banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa
beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi
yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia :
- Promosi secara fisik
Promosi
dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara
tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran,
bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual membuka semacam
“stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan
jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau langsung para
calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang
ditawarkan, dan dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai produk atau
jasa tersebut, dan dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan
merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada
saat itu juga. Ya, interaksi di lapangan sangat memungkinkan orang langsung
melakukan pembelian.
Kekurangan
cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen
karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu seperti perkantoran,
kampus, sekolah, dan semacamnya.
- Promosi melalui media tradisional
Yang
dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti
koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan
televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame
atau papan billboard.
Kelebihan
jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak
calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan media
yang memang cukup luas.
Kekurangan
cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan biaya yang sangat
besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan
billboard, dan lain sebagainya.
- Promosi melalui media digital
Jenis
promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau
jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan
orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini
seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih
menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media
digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka
setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia,
yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet secara
global menggunakan media sosial.
Kelebihan
promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat
luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Kekurangannya
berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing
yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang cukup berat bagi para pemasar agar
lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini agar lebih menarik
calon konsumen dibandingkan kompetitor.
Dari
beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang paling
banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan penyebarannya yang
luas dan relatif.
Contoh-contoh Promosi
Contoh-contoh
promosi ada banyak sekali yang biasa kita temui sehari-hari, beberapa dari
mereka tampil beda dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa contoh-contoh
promosi yang sudah sangat umum :
- Promosi di sebuah toko : beli 2 pasang sepatu dapat gratis 1 pasang sepatu tambahan
- Promosi dari suatu provider telekomunikasi : nelpon 5 menit dapat gratis telpon selama 30 menit
- Promosi di sebuah department store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu
- Promosi di sebuah restoran : beli makanan tertentu gratis minuman
Dan
banyak contoh-contoh promosi yang lainnya yang tentu saja tujuan utamanya
adalah menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya untuk dapat melakukan
pembelian.
Promosi terbaik Saat ini
Kini
ada suatu aplikasi baru yang bernama Cashbac, yaitu aplikasi yang memberikan
cashback rewards pada setiap transaksi belanja dan makan. Tidak seperti program
cashback lain dimana konsumen harus menunggu lama untuk mendapatkan cashback,
Cashbac app memberikan cashback rewards secara langsung atau instan yang
otomatis bisa langsung di gunakan di puluhan merchant dan restoran partner yang
sudah bekerjasama. Jadikan pengalaman makan dan berbelanja kamu menjadi lebih
menyenangkan.
Komentar
Posting Komentar