soal marketing


1. Pengertian pasar yang paling tepat adalah…
a. tempat berdagang
b. proses interaksi
c. konsumen dan calon konsumen
d. produsen dan pedagang
e. tempat interaksi pembeli dan pedagang
2.   Dalam perbedaan antara pemasaran dan penjualan, pemasaran mempunyai tujuan yaitu …
a. mencari modal
b. mencari keuntungan
c. menjual barang sebanyak-banyaknya
d. menambah jumlah pembeli
e. kepuasan konsumen
3.   Falsafah dasar sebagai pedoman untuk mendekati pasar terdiri dari …
a.   pemasaran masal
b.   pemasaran masal dan berbagai produk
c. pemasaran masal, berbagai produk dan terarah
d. pemasaran masal dan terkonsentrasi
e.   pemasaran masal, terkonsentrasi dan terarah
4.   Pada pemasaran massal, pasar potensial yang paling besar terjadi karena …
a. biaya produksi murah sehingga harga murah
b. jumlah produksi besar sehingga harga murah
c. biaya produksi mahal sehingga harga mahal
d. jumlah produksi sedikit sehingga harga mahal
e. biaya produksi murah sehingga harga mahal
5.   Konsumen memiliki selera berbeda yang berubah setiap waktu dan selalu mencari variasi serta perubahan, merupakan dasar pemikiran pemasaran …
a. massal
b. berbagai produk
c. terarah
d. mikro
e. global
6.   Pemasaran terarah  merupakan pemasaran yang mendekati pemasaran …
a.   mikro
b.   makro
c. makro dan mikro
d.   psiko
e. terapan
7.   STP merupakan tahap-tahap dalam pemasaran terarah yang merupakan singkatan dari …
a. segmenting, targeting, promotion
b. selling, targeting promotion
c. segmenting, trading, positioning
d. segmenting, targeting, positioning
e. selling, trading, promotion
8.   Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembang kan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a.   pemosisian
b.   reposisi
c. pentargetan
d. marketing mix
e.   segmentasi
9.   Kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan pasar yang berifat homogen disebut:
a.   segmentasi pasar
b. repositioning
c. differentiated marketing
d.   positioning
e.   market share
10.  Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a. gambaran penduduknya
b.   gambaran wilayah / tempatnya
c. gambaran sifat konsumen
d.   gambaran psikologis
e.   gambaran kebiasaan konsumen
11.  Jika seorang pemasar membagi daerah pemasarannya menurut daerah kabupaten/kota maka  segementasi yang digunakan adalah …
a. geografik
b. demografik
c. psikografik
d. tingkah laku
e. multi variasi
12.  Yang termasuk faktor demografi adalah:
a. kepribadian
b. wilayah
c. sikap
d. daerah pedesaan
e. penghasilan
13. Perusahaan produk fashion menggunakan tingkatan umur dan perbedaan jenis kelamin untuk memasarkan produknya berarti perusahaan melakukan segmentasi …
a. geografik
b. demografik
c. psikografik
d. tingkah laku
e. morfografik
14.  Pemasar produk di pulau Bali menggunakan kasta sebagai variabel dalam mengelompokan pembelinya berarti pemasar tersebut melakukan segmentasi …
a. geografik
b. demografik
c. psikografik
d. tingkah laku
e. morfografik
15.  Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a.   kepribadian
b.   agama
c. lokasi daerah
d.   jenis kelamin
e.   kesempatan
16. Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a. bukan pengguna
b. pengguna reguler
c. pengguna potensial
d. mantan pengguna
e. pengguna fanatik
17. Pasar dibagi menjadi pengguna ringan, menengah dan berat, berart pemasar melakukan segmentasi tingkah laku dengan variable …
a. kesempatan
b. manfaat yang dicari
c. tingkat pemakaian
d. status pengguna
e. status loyalitas
18.  Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a.   primer
b.   skunder
c. internsional
d.   konsumen
e.   industri
19.  Pada tahapan segmentasi pasar industri, kegiatan segmentasi terakhir / ketiga difokuskan berdasarkan pendekatan / kriteria …
a. jenis produksi
b. pembelian
c. penjualan
d. jumlah produksi
e. tekhnologi
20.  Segmentasi pasar yang melewati batas-batas wilayah hukum suatu negara disebut segmentasi…
a.   primer
b.   skunder
c. industri
d.   konsumen
e.   interrnasional


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Ritel

promotion mix