adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong
orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa
dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah,
internet dll.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini
adalah pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam
bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.
Iklan
adalah segala
bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media,
dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada
sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
Iklan
adalah pesan
yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu
media (Rhenald Kasali).
Fumgsi Iklan
Memberikan
Informasi (Informing)
Membujuk (Persuading)
Mengingatkan (Reminding)
Memberikan
nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan
Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan,
mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
Memberikan informasi terhadap suatu produk
(jasa, barang, ide dan lain-lain)
Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau
rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang
kebenaran suatu produk.
Membuat
atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu
harga, fungsi, manfaat dll.
Ciri Ciri Iklan
Agar mendapat perhatian dari
khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
Menggunakan
pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti
bagi khalayak.
Pilihan kata yang digunakan menonjolkan
informasi utama yang dipentingkan
Menggunakan
pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.
Syarat- Syarat Iklan
Agar
suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa
syarat syarat iklan, diantaranya.
Binis Ritel A. Pengertian Bisnis Ritel Bisnis ritel adalah bisnis yang menjual produk atau jasa layanan kepada konsumen secara eceran atau jumlah kecil untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bukan untuk dijual kembali. Dalam kehidupan sehari-hari, pelaku bisnis ritel sering disebut dengan penjual eceran atau pengecer. Proses transaksi dapat dilakukan melalui berbagai saluran penjualan seperti online atau penjualan langsung./ Apa itu Penjualan Eceran (Ritel)? Pengecer atau penjualan eceran atau dikenal dengan istilah ritel adalah kegiatan bisnis perdagangan (penjualan barang atau jasa) yang langsung disalurkan kepada konsumen akhir untuk digunakan sebagai kebutuhan pribadi, keluarga atau keperluan rumah tangga bukan untuk dijual kembali. B. Jenis-Jenis Retail 1. Berdasarkan Kepemilikan · Independent Retail Firm , yaitu pengecer yang beroperasi secara independen dan tanpa adanya afiliasi (penggabungan). Misalnya warung, toko kel
Promotion mix pengertian produk Bauran promosi (promotion mix) merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) pada ilmu manajemen pemasaran . Manfaat Melakukan Promosi Customer Loyalty => Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak beralih ke produk kompetitor. Media Komunikasi => Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon konsumennya. Pertahanan => Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra (image) dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan. Trial and Repeat Buyin g => Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang (repeat buyer). Membangun Merek => Promosi berfungsi untuk meningkatkan “Brand Awareness”, dan juga dengan semakin tingginya tingkat “Brand Airin”
Komentar
Posting Komentar